Monitoring Peradilan

DUGAAN KORUPSI DANA DESA TOBASSA, JPU HADIRKAN TERDAKWA

[www.pendidikanantikorupsi.org] kamis ,16 April 2020. Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri  Medan menggelar sidang Dugaan korupsi Anggaran Dana Desa Tahun 2016 di Desa Narumonda IV Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba Samosir dengan terdakwa Mangantar Simangunsong.  Adapun agenda persidangan yaitu pemeriksaan terdakwa.

Dalam persidangan, terdakwa Mangantar simangunsong selaku Kepala Desa di Desa Narumonda IV menjelaskkan bahwa memang benar terdakwa telah melakukan kelebihan pembayaran bahan material dan upah kerja pada pembangunan Drainese Siponggol Dolok sebesar Rp. 6.000.000.

Selanjutnya, dalam hal  pembangunan Drainese Siacim-acim terdakwa juga membenarkan kalau ia telah melakukan kelebihan pembayaran atas volume dan harga satuan belanja terhadap bahan material dan upah kerja sebesar Rp. 30.000.000.

Lebih lanjut, sesuai dengan perhitungan kerugian negara oleh Inspektorat Kabupaten Toba Samosir terdakwa juga tidak pernah menyetorkan Pajak Pertambahan Nilai(PPN) semasa pembangunan proyek tersebut sebesar Rp.500.000.

Sebelumnya, Desa Narumonda IV mendapatkan dana sebesar Rp.582.576.000 digunakan untuk pelaksanakan pembangunan desa berupa 2 kegiatan yaitu : pembangunan Drainese Sacim-acim dan pembangunan Siponggol Dolok yang mana telah terjadi penyalahgunaan atas pengelolaan anggaran tersebut oleh terdakwa, sehingga atas perbuatan terdakwa pemerintah dalam hal ini melalui pemerintah Desa Namuronda IV Kecamatan Siantar Namuronda Kabupaten Toba Samosir mengalami kerugian kurang lebih sebesar Rp. 35.000.000. (H.A.R)