SDN 067250 Medan, Mitra dalam Program Penguatan Partisipasi Masyarakat Dalam Anggaran Pendidikan

DSCN3277-1024x1024

SD Negeri 067250 adalah sekolah yang terletak di Kelurahan  Mabar Hilir Kecamatan Medan Deli Kota Medan. SD ini penerima dana BOS, sehingga pelaksanaan pendidikan di sekolah ini gratis uang sekolah, dan tidak mengenakan biaya kepada orang tua.

Kondisi guru di sekolah ini, dari 24 orang tenaga kependidikan (termasuk kepala sekolah dan satu orang pegawai administrasi) setengahnya berstatus PNS yang mengajar pagi hari, jam 7.30-12.00 WIB, dan setengah lagi mengajar waktu siang 01.00 – 05.00 WIB.

Sekolah ini merupakan sekolah yang dikenal oleh masyarakat sekitar, terlebih dalam kemajuan 2 tahun terakhir, Sejak pergantian kepala sekolah yang baru, SDN 067250 mendapat hibah kecil dalam pengadaan peralatan marching band untuk murid dan atap gedung sekolah.

Kondisi masyarakat sekitar sekolah, secara ekonomi dapat digolongkan pada level menengah kebawah. Sebagian besar mereka adalah buruh dan pekerja harian lepas, sehingga sebagian besar waktu masyarakat dan orangtua dihabiskan untuk bekerja. Hal ini menyebabkan tingkat partisipasi orangtua yang rendah di sekolah.

Atas dasar itu, SDN 067250 dijadikan mitra dalam Program Penguatan Partisipasi Dalam Anggaran Pendidikan. Dalam program ini, SDN 067250 menjadi model penerapan Anggaran Pendidikan dan Belanja Sekolah ((APBS), saat ini disebut Rencana Kerja Angaran Sekolah (RKAS)). Program yang dilaksanakan pada November 2010 s.d Oktober 2011 ini dilaksanakan untuk membangun partisipasi/keterlibatan pemangku kepentingan (stake holder) sekolah untuk merencanakan, melaksanakan, mengawasi, dan mengevaluasi program sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *