Aktivitas

Workshop “Mewujudkan Komisi Informasi Provinsi Yang Aspiratif”

Dalam rangka mendorong implementasi UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Sentra Advokasi untuk Hak Pendidikan Rakyat (SAHDAR) melaksanakan Workshop dengan tema “Mewujudkan Komisi Informasi Provinsi Yang Aspiratif”. Kegiatan ini bertujuan : 1) Merumuskan profil Komisioner dan Komisi Informasi Daerah yang ideal; 2) Merekomendasikan hasil temuan workshop kepada Tim Seleksi Komisioner KID, Pemerintah Provinsi, dan Komisi A DPRD Sumatera Utara sebagai salah satu kriteria yang menjadi ukuran bagi seorang komisioner. 

Dalam workshop ini, metode yang digunakan adalah diskusi kelompok. Para peserta akan dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, masing-masing merumuskan profil ideal komisoner dan lembaga Komisi Informasi Daerah. Hasil perumusan dari diskusi kelompok ini kemudian akan dibawa ke diskusi paripurna oleh seluruh peserta yang dipadu oleh fasilitator. Pada akhirnya, hasil diskusi paripurna yang menjadi ketetapan dalam workshop akan menjadi rekomendasi yang akan disampaikan kepada Tim Seleksi dan DPRD Sumatera Utara.

Workshop ini dilaksanakan pada Sabtu 11 Desember 2010 di Hotel Royal Perintis, Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 17 A Kota Medan. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 25 orang yang mewakili NGO, organisasi profesi, DPRD, dan pemerintah.